Proses MSDM Ramayana store Palembang


Disusun oleh :
Titania Zulkarnain
1620200086

Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramudhita, M.HRM

STIE MULTI DATA PALEMBANG PROGRAM STUDI MANAJEMEN 2018



KATA PENGANTAR


       Pertama-tama penulis panjatkan Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat-Nya lah makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Dengan membaca Makala ini penulis berharap dapat membantu teman-teman serta pembaca dapat memahami materi ini dan dapat memperkaya wawasan pembaca.
       Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Makala ini dan kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca Makala ini. Untuk itu penulis selalu menantikan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan penyusunan Makala ini.


Palembang, April 2018

Penulis



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebuah shopping mall,pusat perbelanjaan atau secara sederhana disebut ‘mall’ adalah salah atau lebih bangunan yang terdiri dari banyak took yang memiliki jalan penghubung didalamnya bagi para pengunjung untuk dengan mudah mengunjungi satu took ke took lainnya juga terdapat area parker – versi indoor dari modernisasi pasar tradisional .

      Pada zaman modern ini,perusahaan yang bergerak dalam bisnis pusat perbelanjaan atau yang lebih kita kenal dengan sebutan “mall” menunjukkan perkembangan yang sangat pesat . Karna perkembangan yang pesat inilah masing-masing perusahaan harus mampu bersaing dalam mempublikasikan dan mempromosikan produknya kepada masyarakat untuk menunjukkan eksistensinya di bidang pusat perbelanjaan.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan SDM ?
2.      Bagaimana profil Ramayana Store Palembang ?
3.      Bagaimana proses msdm RamayanaStore Palembang ?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui apa itu SDM
2.      Untuk mengetahui bagaimana profil Ramayana Store Palembang
3.      Untuk proses msdm Ramayana Store Palembang


BAB II
ISI

2.1 Pengertian SDM
            Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, Manajemen sumber daya manusia merupakan program aktivitas untuk mendapatkan sumber daya manusia, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.
Beberapa referensi mengemukakan bahwa manajemen memiliki peran penting untuk sumber daya manusia.
·         Manajemen adalah aktivitas perencanaan pengorganisasian, pengarahan dan pengkoordinasian dengan mempergunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Mulia Nasution (1996 : 1)
·         Manajemen sumber daya manusia adalah segala potensi yang ada pada manusia baik berupa akal pikiran, tenaga, keterampilan, emosi, dan sebagainya yang dapat di gunakan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi atau perusahaan. Tohardi (2002 : 12)
·         Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat. Flippo (1996 : 5)
2.2 Profil Ramayana Store Palembang
           
Ramayana  adalah jaringan took swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Selain department store yang menjual produk sandang seperti baju dan sepatu, Ramayana juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan pangan dan sehari-hari.
      Supermarket milik Ramayana itu disebut Ramayana supermarket.Grup usaha Ramayana terdiri atas Ramayana, Robinson , dan cahaya baik dalam bentuk department store maupun supermarket.

2.3  proses msdm Ramayana Store Palembang
            Ramayana menyadari bahwa SDM merupakan aset terbesar dan batu pedoman bagi seluruh operasi kesuksesan Ramayana didorong oleh keprofesionalan, dedikasi, dan pengembangan SDMpada tujuan utama Program pelatihan disesuaikan dengan kebutuhanstaff yang dilaksanakan sendiri oleh Departemen SDM yang sama baiknya dengan pelatihan yang diselenggarakan pihak luar. Pelatihan diperluas hingga tingkat manajemen senior.

Ketidakpastian politik terus menekan rupiah, peningkatan harga pembelian mempengaruhi kenaikan harga menjadi tantangan perusahaan untuk tetap berfokus pada strateginya yang menawarkan harga murah sebanding dengan berkurangnya daya beli konsumen. Ramayana tetap berusaha mengontrol biaya operasinya tidak melebihi 16% dari pendapatan kotor. Namun perusahaan mengambil keuntungan dari perkembangan otonomi daerah dan meningkatnya daya beli sebagai hasil peningkatan aktifitas ekspor pada beberapa bagian di Pulau Jawa dan di luar pulau Jawa.

Ada beberapa daerah tertentu yang menjanjikan prospek yang baik untuk pengembangan karena kurangnya kompetisi walaupun demikian pengembangan harus dilakukan dengan hati-hati karena rintangan yang menghambat seperti ancaman masyarakat yang tidak puas dan kurangnya infrastruktur transportasi untuk distribusi barang dan persediaan dari dan untuk Jakarta selain itu, lokasi baru harus diteliti dahulu untuk kemampuan dan potensi masa depannya yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Ramayana akan dikembangkan secara horisontal untuk merealisasikan konsep “One Stop Shopping”, artinya berbagai kebutuhan keluarga akan disediakan di sana sehingga orang tidak perlu pergi berbelanja ke tempat lain karena semua telah tersedia di Ramayana, mulai dari departemen store, supermarket, fast food, kiddie land, dan bioskop.

Ramayana tidak lagi hanya sekedar “Toko Pakaian”  melainkan menjadi pasar “yang sesungguhnya”, calon pembeli akan menemukan segala yang dibelinya.


BAB III
PENUTUP 

3.1 Kesimpulan 
Berdasarkan hasil penelitian di atas , Ramayana merupakan salah satu Department Store yang sering mengadakan potongan harga, atau yang sering kita sebut sebagai discount, yang merupakan salah satu strategi menarik konsumen untuk datang dan membeli. Jauh dari itu, discount (potongan harga) dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yakni tercapainya target penjualan.
Dalam pelaksanaannya, Ramayana Lestari Sentosa tbk memiliki beberapa strategi dalam memutuskan penetapan diadakannya discount, baik dalam segi waktu, kegunaan, serta efek dari diadakannya kebijakan discount (potongan harga).



3.2 Saran
Saran  yang  dapat  diberikan  yaitu mungkin penerapan  strategi melalui pemanfaatan fasilitas online dan pembuatan  membercard.




DAFTAR PUSTAKA


https://www.padamu.net/pengertian-sumber-daya-manusia
http://webcatatan.blogspot.co.id/2011/01/sumber-daya-manusia-yang-dicari.html


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Jurnal MSDM